Minggu, 27 Maret 2011

Hardware & Software context

Pada Generasi Kelima (1980 – sekarang)
a. Sudah dapat memproses data non numeric dengan manipulasi simbol.
b. Sudah menggunakan intelegensi buatan ( artificial intelegent ).
c. Sudah menggunakan Sofware dan Hardware.

Hardware atau perangkat keras komputer biasa kita gunakanuntuk menjalankan system komputer dan mengelola penyimpanan dan aliran data serta instruki sepanjang jalur komunikasi internal.Contoh Hardware : Harddisk, ROM dan RAM ( Memory ),MainboardPower supplyFloppy driveProccessorNIC ( Network Internet Card ) / LAN cardUSBdll

Software atau perangkat lunak komputer yang biasa kita gunakanuntuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.Contoh software : Sistem operasi : Dos, Windows, Linux,Brainware.

Globalisation

Globalisasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit.


Globalisasi adalah suatu proses di mana antarindividu, antarkelompok, dan antarnegara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan memengaruhi satu sama lain yang melintasi batas negara


Dalam banyak hal, globalisasi mempunyai banyak karakteristik yang sama dengan internasionalisasi sehingga kedua istilah ini sering dipertukarkan. Sebagian pihak sering menggunakan istilah globalisasi yang dikaitkan dengan berkurangnya peran negara atau batas-batas negara.


Kemudian yang dimaksud dengan globalisasi pada web kali ini adalah dimana sebuah website telah banyak digunakan oleh semua kalangan dengan kepentingannya sendiri-sendiri, baik itu untuk menawarkan barang atau pun menawarkan jasa.


Ada pun website digunakan untuk kepentingan pribadi dengan desain yang diinginkan individu itu sendiri, maka dari sini bisa kita lihat bahwa website telah menggobalisasi secara menyeluruh bahkan hampir semua orang dapat membuat dan menggunakan website.


Inilah bukti nyata kalau website sangat banyak peminatnya terutama dikalangan pebisnis sekalipun.

Business Strategy

Pemasaran bisnis melalui internet merupakan salah satu cara untuk memperluas jangkauan pasar sebab melalui ‘internet marketing’, informasi produk dapat menjangkau konsumen yang ada di daerah manapun tanpa harus terjun langsung ke daerah tersebut. 


Berikut adalah beberapa strategi pemsaran bisnis melalui internet marketing : 




  • Website Marketing

Belakangan ini banyak usaha offline yang sengaja membuat website untuk memasarkan produknya secara online. Website menjadi tempat untuk memberikan informasi mengenai produk kepada calon pembeli, sehingga dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan produk tanpa harus datang langsung ke tempat usahanya. Website menjadi sarana bagi konsumen yang ingin melakukan pemesanan produk, serta mempermudah pemasaran produk dengan melayani pembayaran secara online atau transver via bank. Selanjutnya barang akan dikirimkan melalui jasa pengiriman barang seperti Pos, Tiki atau JNE.

  • Email Marketing

Promosi bisnis melalui internet dapat dilakukan melalui email marketing. Pemberitahuan mengenai informasi produk serta memberikan penawaran kepada calon konsumen, dapat dilakukan secara masal maupun personal  melalui email marketing. Kegiatan promosi produk menjadi semakin mudah dan murah. Email marketing juga menjadi sarana komunikasi antara pelaku usaha dengan calon konsumen.  Konsumen yang tertarik dengan suatu produk, biasanya akan menanyakan informasi produk tersebut melalui telepon maupun email. Keberadaan email marketing, mendukung kegiatan pemasaran baik secara online maupun secara offline.


Pemasaran melalui internet marketing masih memberikan beberapa manfaat  lain yang menguntungkan pelaku usaha, yang antara lain sebagai berikut :
  • Pemasaran melalui internet tidak terbatasi oleh waktu. Layanan ini bisa diakses selama 24 jam  7 hari seminggu. Internet memiliki sistem otomatisasi yang dapat memberikan respon cepat apabila ada pesanan maupun permintaan dari calon konsumen. Kebutuhan mereka dapat dilayani kapan saja dan dimana saja selama ada jaringan internet.
  • Menjangkau pasar lebih luas. Melalui internet, informasi produk dapat menjangkau ke seluruh daerah di Nusantara, bahkan pasar luar negeri.
  • Meningkatkan citra perusahaan di mata konsumen, sehingga memberikan nilai lebih bagi bisnis untuk menghadapi persaingan bisnis yang ketat.
  • Mengurangi biaya pemasaran karena pasar lebih tertarget dan tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk membuat brosur, spanduk, banner, neon box.
  • Memudahkan pelaku usaha dan konsumen menjalin hubungan dengan dimungkinkannya komunikasi interaktif melalui email, kotak saran, comment, serta forum diskusi.





Jadi strategi bisnis sekarang ini telah modern, sudah menggunakan website juga, dan website yang digunakan untuk kepentingan bisnis ini akan di desain semenarik mungkin agar dapat menarik pengunjung website tersebut. Strategi ini telah di populer dikarenakan terkesan lebih simple dan tidak memerlukan banyak waktu yang terbuang..


Yang lebih sering lagi, orang-orang berbisnis dengan menggunakan situs jejaring sosial yang memiliki banyak peminat/anggota dari situ jejaring sosial tersebut. Misalkan; banyak orang yang menggunakan Facebook untuk berbisnis jual - beli barang, walaupun tingkat keamananya sangat minim sekali tetap saja banyak peminatnya. Itulah strategi-strategi bisnis menggunakan media web melalui internet.






Selengkapnya dapat dibaca di http://bisnisukm.com/strategi-pemasaran-bisnis-melalui-internet-marketing.html , semoga bermanfaat....

Privacy

Privacy (Kerahasiaan pribadi) adalah kemampuan satu atau sekelompok individu untuk mempertahankan kehidupan dan urusan personalnya dari publik, atau untuk mengontrol arus informasi mengenai diri mereka. Privasi kadang dihubungkan dengan anonimitas walaupun anonimitas terutama lebih dihargai oleh orang yang dikenal publik. Privasi dapat dianggap sebagai suatu aspek dari keamanan.

Hak pelanggaran privasi oleh pemerintah, perusahaan, atau individual menjadi bagian di dalam hukum di banyak negara, dan kadang, konstitusi atau hukum privasi. Hampir semua negara memiliki hukum yang, dengan berbagai cara, membatasi privasi, sebagai contoh, aturan pajak umumnya mengharuskan pemberian informasi mengenai pendapatan. Pada beberapa negara, privasi individu dapat bertentangan dengan aturan kebebasan berbicara, dan beberapa aturan hukum mengharuskan pemaparan informasi publik yang dapat dianggap pribadi di negara atau budaya lain.

Privasi dapat secara sukarela dikorbankan, umumnya demi keuntungan tertentu, dengan risiko hanya menghasilkan sedikit keuntungan dan dapat disertai bahaya tertentu atau bahkan kerugian. Contohnya adalah pengorbanan privasi untuk mengikut suatu undian atau kompetisi; seseorang memberikan detil personalnya (sering untuk kepentingan periklanan) untuk mendapatkan kesempatan memenangkan suatu hadiah. Contoh lainnya adalah jika informasi yang secara sukarela diberikan tersebut dicuri atau disalahgunakan seperti pada pencurian identitas.


Jenis privasi 

The "privasi" berarti banyak hal dalam konteks yang berbeda. Orang yang berbeda, budaya, dan bangsa memiliki berbagai harapan tentang berapa banyak privasi seseorang berhak atau apa yang merupakan pelanggaran privasi. 

Fisik


Privasi fisik dapat didefinisikan sebagai mencegah "intrusi ke dalam ruang fisik seseorang atau kesendirian". Hal ini termasuk masalah seperti: 

  1. Mencegah dari perbuatan intim atau tubuh seseorang dari yang terlihat oleh orang lain untuk tujuan kesederhanaan; selain berpakaian ini dapat dicapai dengan dinding, pagar, layar privasi, kaca katedral, partisi antara urinal, dengan menjadi jauh dari orang lain, di tempat tidur dengan sprei atau selimut, ketika pakaian berubah dengan handuk, dll; sampai sejauh mana tindakan ini juga mencegah tindakan didengarkan bervariasi.
  2. Video, dari aptly bernama grafis, atau intim, tindakan, perilaku atau bagian tubuh.
  3. Mencegah tidak diinginkan mencari harta pribadi seseorang.
  4. Mencegah akses tanpa izin ke rumah seseorang atau kendaraan.
  5. Privasi medis, hak untuk membuat keputusan medis dasar tanpa paksaan pemerintah atau review pihak ketiga, yang paling banyak digunakan untuk pertanyaan kontrasepsi.

Contoh dasar hukum untuk hak privasi fisik akan Perubahan Keempat AS, yang menjamin "hak rakyat untuk merasa aman dalam mereka orang, rumah, kertas, dan efek, terhadap pencarian tidak masuk akal dan kejang". Sebagian besar negara memiliki hukum mengenai pelanggaran hak dan properti juga menentukan hak privasi fisik. 

Organisasi

Pemerintah lembaga, perusahaan, dan organisasi lain mungkin keinginan untuk menjaga kegiatan mereka atau rahasia dari yang diwahyukan kepada organisasi lain atau perorangan. Organisasi tersebut dapat melaksanakan berbagai praktik keamanan untuk mencegah hal ini. Organisasi dapat mencari perlindungan hukum bagi rahasia mereka. Sebagai contoh, pemerintahan mungkin dapat meminta hak istimewa eksekutif atau menyatakan informasi tertentu harus diklasifikasikan, atau korporasi mungkin mencoba untuk melindungi rahasia perdagangan.

Spiritual dan intelektual

Pengembangan awal hak privasi mulai di bawah hukum umum Inggris, yang melindungi "hanya gangguan fisik kehidupan dan properti." Pengembangannya sejak itu menjadi "salah satu bab yang paling signifikan dalam sejarah hukum privasi."  Hak pribadi secara bertahap diperluas untuk mencakup sebuah "pengakuan sifat rohani manusia, perasaan dan kecerdasan." Akhirnya , ruang lingkup hak-hak diperluas lebih jauh untuk memasukkan dasar "hak untuk dibiarkan sendiri," dan definisi mantan "properti" kemudian akan terdiri dari "setiap bentuk kepemilikan -. berwujud, serta nyata" Pada akhir abad 19, minat dalam "hak privasi" tumbuh sebagai respon terhadap pertumbuhan media cetak, khususnya surat kabar. 

Privasi dan teknologi
 
Iklan untuk jenis layanan Dial telepon tersedia untuk delegasi ke konvensi Partai Republik 1912 di Chicago. Sebuah titik penjualan utama dari layanan dial telepon adalah bahwa hal itu "rahasia", di operator tidak diperlukan untuk terhubung panggilan.

Sebagai teknologi telah maju, cara di mana privasi dilindungi dan melanggar telah berubah dengan itu. Dalam kasus beberapa teknologi, seperti mesin cetak atau internet, peningkatan kemampuan untuk berbagi informasi dapat mengakibatkan cara-cara baru di mana privasi ini dapat dilanggar. Hal ini umumnya sepakat bahwa advokasi privasi publikasi pertama di Amerika Serikat adalah artikel oleh Samuel Warren dan Louis Brandeis, Hak untuk Privasi, 4 Harvard LR 193 (1890), yang ditulis terutama dalam menanggapi peningkatan di surat kabar dan foto-foto dimungkinkan oleh teknologi cetak.

Teknologi baru juga dapat membuat cara baru untuk mengumpulkan informasi pribadi. Sebagai contoh, di AS ia berpikir bahwa sensor panas dimaksudkan untuk digunakan untuk menemukan operasi ganja tumbuh akan dapat diterima. Namun pada tahun 2001 di Kyllo v. Amerika Serikat (AS 533 27) diputuskan bahwa perangkat thermal imaging yang dapat mengungkapkan informasi yang sebelumnya tidak diketahui tanpa surat perintah memang merupakan pelanggaran privasi. 

Umumnya peningkatan kemampuan untuk mengumpulkan dan mengirim informasi memiliki implikasi negatif untuk mempertahankan privasi. Sebagai sistem informasi berskala besar menjadi lebih umum, ada begitu banyak informasi yang disimpan dalam database banyak di seluruh dunia bahwa seseorang tidak memiliki cara untuk mengetahui atau mengontrol semua informasi tentang diri mereka sendiri bahwa orang lain mungkin memiliki akses ke. Informasi tersebut mungkin bisa dijual kepada orang lain untuk keuntungan dan / atau digunakan untuk tujuan tidak diketahui individu yang informasi sekitar. Konsep privasi informasi telah menjadi lebih penting sebagai sistem yang lebih mengendalikan informasi lebih lanjut muncul. Juga konsekuensi dari pelanggaran privasi dapat lebih parah. Privasi hukum di banyak negara telah beradaptasi dengan perubahan teknologi untuk mengatasi masalah ini dan menjaga hak-hak rakyat untuk privasi sebagai mereka mau. Namun hak privasi yang ada kerangka kerja global ini juga telah dikritik sebagai kacau dan tidak efisien. Proposal seperti APEC Privasi Framework telah muncul yang ditetapkan untuk menyediakan kerangka hukum pertama yang komprehensif pada masalah privasi data global.


Privasi dan Internet

Internet telah membawa kekhawatiran baru tentang privasi di usia dimana komputer secara permanen dapat menyimpan catatan segala sesuatu: "di mana setiap foto online, status update, posting Twitter dan blog entry oleh dan tentang kami dapat disimpan selamanya," tulis profesor hukum dan penulis Jeffrey Rosen. 

Hal ini saat ini memiliki efek pada kerja. Microsoft melaporkan bahwa 75 persen dari perekrut AS dan profesional sumber daya manusia sekarang melakukan riset online tentang calon, sering menggunakan informasi yang diberikan oleh mesin pencari, situs jaringan sosial, / foto situs berbagi video, situs web pribadi dan blog, dan Twitter. Mereka juga melaporkan bahwa 70 persen dari perekrut AS telah menolak kandidat berdasarkan informasi internet.  Hal ini telah menciptakan suatu kebutuhan oleh banyak orang untuk mengendalikan berbagai pengaturan privasi online selain untuk mengendalikan reputasi online mereka, baik yang telah menyebabkan tuntutan hukum terhadap berbagai situs dan majikan. 

Kemampuan untuk melakukan pertanyaan online tentang individu telah diperluas secara dramatis selama dekade terakhir. Facebook misalnya, pada Juli 2010, adalah situs jaringan sosial terbesar, dengan hampir 500 juta anggota, atau 22 persen dari semua pengguna internet, yang meng-upload lebih dari 25 miliar lembar konten setiap bulan. Twitter memiliki lebih dari 100 juta pengguna terdaftar. Perpustakaan Kongres baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan memperoleh - dan permanen menyimpan - arsip seluruh posting Twitter publik sejak tahun 2006, laporan Rosen.


Privasi dan Layanan Berbasis Lokasi


Seperti kemampuan pelacakan lokasi perangkat mobile meningkat, masalah yang berkaitan dengan privasi pengguna timbul, karena posisi pengguna dan preferensi merupakan informasi pribadi dan penyalahgunaan dari mereka melanggar privasi pengguna. Beberapa metode untuk melindungi privasi pengguna bila menggunakan layanan berbasis lokasi telah diusulkan, termasuk penggunaan server anonymi, mengaburkan informasi ea Metode untuk menghitung privasi juga telah diusulkan, untuk dapat menghitung keseimbangan antara manfaat memberikan informasi lokasi yang akurat dan kelemahan dari risiko privasi pribadi [34] Pengguna layanan tersebut juga. dapat memilih untuk menampilkan lebih banyak informasi lokasi umum (yaitu "Di Kota" atau "Philadelphia" atau "Kerja") ke beberapa kenalan mereka yang lebih santai sementara hanya menampilkan informasi lokasi yang spesifik, seperti alamat yang tepat mereka, untuk kontak lebih dekat seperti pasangan, keluarga, dan teman-teman baik.





Selengkapnya dapat dibaca di http://en.wikipedia.org/wiki/Privacy , semoga bermanfaat....

Sabtu, 26 Maret 2011

Waralaba/Franchise/Hak Guna Paten

Tujuan
  Untuk Memahami waralaba/franchise/hak guna paten dalam kehidupan masyarakat.

Pengertian :
  Waralaba (franchise) adalah untuk kejujuran atau kebebasan adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan.

Franchisor dan franchisee
Franchisor atau pemberi waralaba
Franchisee atau penerima waralaba

Sejarah Waralaba
  Waralaba diperkenalkan pertama kali pada tahun 1850-an oleh Isaac Singer, pembuat mesin jahit Singer, ketika ingin meningkatkan distribusi penjualan mesin jahitnya. Walaupun usahanya tersebut gagal, namun dialah yang pertama kali memperkenalkan format bisnis waralaba ini di AS.

Jenis waralaba
Waralaba luar negeri,
Waralaba dalam negeri.

Biaya waralaba
Ongkos awal, dimulai dari Rp. 10 juta hingga Rp. 1 miliar.
Ongkos royalti, dibayarkan pemegang waralaba setiap bulan dari laba operasional.

Pengertian :
    Hak Guna Paten merupakan peluang bagi wirasusahawan untuk masuk dalam usaha dengan memanfaatkan pengalaman, pengetahuan dan dukungan dari pemberi hak guna paten.
Definisi :
  Hak guna paten bisa didefinisikan sebagai persetujua dimana perusahaan atau distributor tunggal dari produk yang mempunyai merk dagang memberikan hak eksklusif kepada perusahaan, distributor, atau pengecer independen dengan imbalan pembayaran royalty dan menyesuaikan diri dengan prosedur standar.

Keuntungan Hak Guna Paten :
  Keuntungan yang paling utama dari Hak Guna Paten adalah bahwa wirausahawan tidak perlu pusing dengan hal yang berkaitan memulai usaha baru. Pemberi hak guna paten akan memberikan rencana operasi bisnis dengan arah yang jelas.

Jenis-jenis Hak Guna Paten :
1.hak guna paten yang menawarkan nama, citra, metode menjalankan usaha, dan lain-lain.
2.hak guna paten yang menawarkan jasa.

  

Graph Theory


Dalam matematika dan ilmu komputer, teori graf adalah cabang kajian yang mempelajari sifat-sifat graf. Secara informal, suatu graf adalah himpunan benda-benda yang disebut simpul (vertex atau node) yang terhubung oleh sisi (edge) atau busur (arc). Biasanya graf digambarkan sebagai kumpulan titik-titik (melambangkan simpul) yang dihubungkan oleh garis-garis (melambangkan sisi) atau garis berpanah (melambangkan busur). Suatu sisi dapat menghubungkan suatu simpul dengan simpul yang sama. Sisi yang demikian dinamakan gelang (loop).

Banyak sekali struktur yang bisa direpresentasikan dengan graf, dan banyak masalah yang bisa diselesaikan dengan bantuan graf. Jaringan persahabatan pada Friendster bisa direpresentasikan dengan graf: simpul-simpulnya adalah para pemakai Friendster dan ada sisi antara A dan B jika dan hanya jika A berteman (berkoinsidensi) dengan B. Perkembangan algoritma untuk menangani graf akan berdampak besar bagi ilmu komputer.

Sebuah struktur graf bisa dikembangkan dengan memberi bobot pada tiap sisi. Graf berbobot dapat digunakan untuk melambangkan banyak konsep berbeda. Sebagai contoh jika suatu graf melambangkan jaringan jalan maka bobotnya bisa berarti panjang jalan maupun batas kecepatan tertinggi pada jalan tertentu. Ekstensi lain pada graf adalah dengan membuat sisinya berarah, yang secara teknis disebut graf berarah atau digraf (directed graph). Digraf dengan sisi berbobot disebut jaringan.

Jaringan banyak digunakan pada cabang praktis teori graf yaitu analisis jaringan. Perlu dicatat bahwa pada analisis jaringan, definisi kata "jaringan" bisa berbeda, dan sering berarti graf sederhana (tanpa bobot dan arah).



Sedikit tentang formal

Suatu graph G dapat dinyatakan sebagai G = < V,E > . Graph G terdiri atas himpunan V yang berisikan simpul pada graf tersebut dan himpunan dari E yang berisi sisi pada graf tersebut. Himpunan E dinyatakan sebagai pasangan dari simpul yang ada dalam V. Sebagai contoh definisi dari graf pada gambar di atas adalah : V = {1,2,3,4,5,6} dan E = {(1,2),(1,5),(2,3),(3,4),(4,5),(5,2),(4,6)}



Gambar dengan node yang sama dengan yang diatas, tapi merupakan digraf.

Pada digraf maka pasangan-pasangan ini merupakan pasangan terurut. Untuk menyatakan digraf (gambar kedua yang menggunakan tanda panah) kita dapat menggunakan himpunan edge sebagai berikut :

E = { < 1,2 > , < 1,5 > , < 2,5 > , < 3,2 > , < 4,3 > , < 5,4 > , < 4,6 > }

Dalam himpunan edge untuk digraf, urutan pasangan verteks menentukan arah dari edge tersebut.

Dalam teori graf, formalisasi ini untuk memudahkan ketika nanti harus membahas terminologi selanjutnya yang berhubungan dengan graph. 
Beberapa terminologi berhubungan dengan teori graf :

  • Degree atau derajat dari suatu node, jumlah edge yang dimulai atau berakhir pada node tersebut. Node 5 berderajat 3. Node 1 berderajat 2.
  • Path suatu jalur yang ada pada graph, misalnya antara 1 dan 6 ada path 
  • Cycle siklus ? path yang kembali melalui titik asal 2  kembali ke 2.
  • Tree merupakan salah satu jenis graf yang tidak mengandung cycle. Jika edge f dan a dalam digraf diatas dihilangkan, digraf tersebut menjadi sebuah tree. Jumlah edge dalam suatu tree adalah nV - 1. Dimana nV adalah jumlah vertex
  • Graf Tak Berarah (Undirected Graph) Graf G disebut graf tak berarah (undirected graph) jika setiap sisinya tidak berarah. Dengan kata lain (vi,vj)=(vj,vi)
  • Graf Berarah (Directed Graph) Graf G disebut graf berarah (directed graph) jika setiap sisinya berarah. Titik awal dari suatu sisi disebut verteks awal (initial vertex) sedangkan titik akhir dari suatu sisi disebut verteks akhir (terminal vertex). Loop pada graf adalah sisi yang verteks awal dan verteks akhirnya sama.

Aplikasi


Grafik adalah salah satu model yang paling mana-mana dari kedua struktur alam dan buatan manusia. Mereka dapat digunakan untuk model berbagai jenis hubungan dan dinamika proses dalam sistem fisik, biologis dan sosial. Banyak masalah kepentingan praktis dapat diwakili oleh grafik.

Dalam ilmu komputer, grafik digunakan untuk mewakili jaringan komunikasi, organisasi data, perangkat komputasi, alur perhitungan, dll Salah satu contoh praktis: Struktur link dari sebuah website dapat diwakili oleh grafik diarahkan. Simpul adalah halaman web yang tersedia di website dan keunggulan diarahkan dari halaman A ke halaman B ada jika dan hanya jika A berisi link ke B. Pendekatan yang serupa dapat diambil untuk masalah dalam perjalanan, biologi, desain chip komputer, dan banyak bidang lain. Perkembangan algoritma untuk menangani grafik Oleh karena itu kepentingan utama dalam ilmu komputer. Di sana, transformasi grafik sering formal dan diwakili oleh grafik menulis ulang sistem. Mereka baik yang secara langsung digunakan atau sifat dari menulis ulang sistem (misalnya pertemuan) dipelajari. Melengkapi sistem transformasi berfokus pada manipulasi grafik di memori aturan berbasis grafik grafik database diarahkan transaksi-aman, gigih menyimpan dan query data grafik-terstruktur.

Metode Grafik-teoritis, dalam berbagai bentuk, telah terbukti terutama berguna dalam linguistik, karena bahasa alami sering lends sendiri baik untuk struktur diskrit. Secara tradisional, sintaks dan semantik mengikuti struktur komposisi berbasis pohon, yang ekspresif kekuasaan terletak pada Prinsip Compositionality, dimodelkan dalam sebuah grafik hirarkis. Dalam semantik leksikal, terutama diterapkan pada komputer, pemodelan arti kata mudah ketika kata yang diberikan dipahami dalam hal kata-kata yang terkait; jaringan semantik karena itu penting dalam linguistik komputasi. Masih metode lain dalam fonologi (misalnya optimalitas Teori, yang menggunakan grafik kisi) dan morfologi (misalnya morfologi terbatas-negara, menggunakan transduser terbatas-negara) yang umum dalam analisis bahasa sebagai grafik. Memang, daerah ini kegunaan matematika untuk linguistik telah ditanggung organisasi seperti TextGraphs, serta proyek 'bersih' beragam, seperti WordNet, VerbNet, dan lain-lain. 

Grafik teori juga digunakan untuk mempelajari molekul dalam kimia dan fisika. Dalam fisika benda terkondensasi, struktur tiga dimensi rumit struktur atom simulasi dapat dipelajari secara kuantitatif dengan mengumpulkan statistik tentang sifat grafik-teoritis yang berkaitan dengan topologi dari atom. Sebagai contoh, terpendek Franzblau's-path (SP) cincin. Dalam kimia grafik membuat model alami untuk sebuah molekul, dimana simpul mewakili atom dan obligasi tepi. Pendekatan ini terutama digunakan dalam pengolahan komputer struktur molekul, mulai dari editor kimia ke database pencarian. Dalam fisika statistik, grafik dapat mewakili koneksi lokal antara berinteraksi bagian dari suatu sistem, serta dinamika dari proses fisik pada sistem tersebut.

Grafik teori juga banyak digunakan dalam sosiologi sebagai cara, misalnya, untuk mengukur prestise aktor 'atau untuk menjelajahi mekanisme difusi, terutama melalui penggunaan perangkat lunak analisis jaringan sosial.

Demikian pula, teori graf berguna dalam upaya biologi dan konservasi di mana simpul dapat mewakili daerah dimana spesies tertentu ada (atau habitat) dan ujung-ujungnya merupakan jalur migrasi, atau gerakan antara daerah. Informasi ini penting ketika melihat pola berkembang biak atau pelacakan penyebaran penyakit, parasit atau bagaimana perubahan gerakan ini dapat mempengaruhi spesies lain.

Dalam matematika, grafik berguna dalam geometri dan bagian-bagian tertentu dari topologi, misalnya Teori Knot. Teori graph aljabar memiliki hubungan erat dengan teori grup.

Struktur graph dapat diperpanjang dengan penugasan berat untuk setiap tepi grafik. Grafik dengan bobot, atau grafik tertimbang, adalah digunakan untuk merepresentasikan struktur di mana koneksi berpasangan memiliki beberapa nilai numerik. Sebagai contoh jika suatu graf merupakan jaringan jalan, bobot bisa mewakili panjang jalan masing-masing.

Sebuah digraf dengan tepi tertimbang dalam konteks teori graph disebut jaringan. Analisis Jaringan memiliki aplikasi praktis, misalnya, untuk model dan menganalisis jaringan lalu lintas. Aplikasi analisis jaringan luas dibagi menjadi tiga kategori:
  1. Pertama, analisis untuk menentukan sifat struktur jaringan, seperti distribusi derajat vertex dan diameter grafik. Sejumlah besar langkah-langkah grafik ada, dan produksi yang berguna untuk berbagai domain masih merupakan bidang penelitian aktif.
  2. Kedua, analisis untuk menemukan kuantitas terukur dalam jaringan, misalnya, untuk jaringan transportasi, tingkat arus kendaraan bermotor dalam setiap bagian itu.
  3. Ketiga, analisis sifat dinamik jaringan.

Menggambar grafik


Grafik grafik dengan menggambar sebuah titik atau lingkaran untuk setiap vertex, dan menggambar sebuah busur antara dua titik jika mereka dihubungkan dengan tepi. Jika grafik diarahkan, arah yang ditunjukkan dengan gambar panah.

Sebuah gambar grafik tidak harus bingung dengan grafik itu sendiri (struktur, abstrak non-visual) karena ada beberapa cara untuk struktur gambar grafik. Yang penting adalah yang terhubung ke simpul yang lain dengan berapa banyak sisi dan bukan tata letak yang tepat. Dalam prakteknya sering sulit untuk memutuskan apakah dua gambar mewakili grafik yang sama. Tergantung pada domain beberapa masalah tata letak mungkin akan lebih cocok dan lebih mudah untuk memahami daripada yang lain.





Selengkapnya dapat dibaca di http://en.wikipedia.org/wiki/Graph_theory , semoga bermanfaat....

Sabtu, 12 Maret 2011

Program Java 1

import java.util.*;


class biodata
{
public static void main(String[]args)
{
Scanner ta = new Scanner(System.in);
Scanner vi = new Scanner(System.in);
String nama, kelas;

System.out.print("Masukkan Nama Anda      : ");
nama = ta.next();
System.out.print("Masukkan Kelas Anda     : ");
kelas = ta.next();
System.out.print("Masukkan NPM Anda       : ");
int npm = ta.nextInt();
System.out.print("Masukkan Nilai UTS Anda : ");
float uts = vi.nextFloat();
System.out.print("Masukkan Nilai UAS Anda : ");
float uas = vi.nextFloat();

float total = (uts*70/100)+(uas*30/100);

System.out.println("_______________________________");
System.out.println("| Nama       : "+nama);
System.out.println("| Kelas      : "+kelas);
System.out.println("| NPM        : "+npm);
System.out.println("| Total Nilai: "+total);
System.out.println("_______________________________");
                
}
}

Laporan Pendahuluan PBO 1

1. Jelaskan sejarah dari bahasa pemrograman Java!

Bahasa pemrograman Java pertama lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.


Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park. Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai "*7" (Star Seven).


Setelah era Star Seven selesai, sebuah anak perusahaan Tv kabel tertarik ditambah beberapa orang dari proyek The Green Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto.


Perusahaan baru ini bertambah maju: jumlah karyawan meningkat dalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang. Pada rentang waktu ini juga ditetapkan pemakaian Internet sebagai medium yang menjembatani kerja dan ide di antara mereka. Pada awal tahun 1990-an, Internet masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer.


Mereka menjadikan perambah (browser) Mosaic sebagai landasan awal untuk membuat perambah Java pertama yang dinamai Web Runner, terinsipirasi dari film 1980-an, Blade Runner. Pada perkembangan rilis pertama, Web Runner berganti nama menjadi Hot Java.


Pada sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama kali kode sumber Java versi 1.0a2 dibuka. Kesuksesan mereka diikuti dengan untuk pemberitaan pertama kali pada surat kabar San Jose Mercury News pada tanggal 23 Mei 1995.


Sayang terjadi perpecahan di antara mereka suatu hari pada pukul 04.00 di sebuah ruangan hotel Sheraton Palace. Tiga dari pimpinan utama proyek, Eric Schmidt dan George Paolini dari Sun Microsystems bersama Marc Andreessen, membentuk Netscape.


Nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja "Bapak Java", James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak lain sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi "Java". Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling. Konon kopi ini berasal dari Pulau Jawa. Jadi nama bahasa pemrograman Java tidak lain berasal dari kata Jawa (bahasa Inggris untuk Jawa adalah Java).


2. Sebutkan dan jelaskan tipe data yang terdapat di java!

Java mempunyai 8 tipe data primitif, yang mana 4 bertipe integer(bilangan bulat) , 2 bertipe floating-point(bilangan pecahan) dan yang 2 terakhir bertipe boolean dan char.Tipe data tersebut antara lain :


a. Integer



  1. byte : Memiliki nilai integer dari -128 sampai +127 dan menempati 1 byte ( 8 bits ) di memori.
  2. short : Memiliki nilai integer dari -32768 sampai 32767 dan menempati 2 bytes ( 16 bits ) di memori.
  3. int : Memiliki nilai integer dari -2147483648 sampai 2147483647 dan menempati 4 bytes ( 32 bits ) di memori.
  4. long : Memiliki nilai dari -9223372036854775808 sampai 9223372036854775807 dan menempati 8 bytes ( 64 bits ) di memori.



Bilangan integer biasanya menggunakan int, dan bukan byte,short maupun long. Bilangan integer juga mengenal nilai positif dan negatif ( signed number ). Tipe data byte dan short hanya digunakanpada aplikasi khusus yang memperhatikan penggunaan memori.


Sedangkan long jarang digunakan karena jarang memerlukan bilangan sebesar kapasitas long.


b. Floating Point



  1. float : memiliki nilai -3.4×10(pangkat ’8′) sampai +3.4×10(pangkat ’8′) dan menempati 4 byte di memori.
  2. double : memiliki nilai -1.7×10(pangkat 308) sampai +1.7×10(pangkat 308).



Semua bilangan pecahan atau desimal dalam Java tanpa diakhiri huruf f akan dianggap sebagai double. Sedangkan bilangan yang ingin dikategorikan sebagai float harus diakhiri dengan huruf F.


Misalnya : 4.22 F atau 2.314f. Sedangkan untuk bilangan double, bisa menambah dengan huruf D, karena secara default bilangan dengan koma atau pecahan atau desimal akan dianggap sebagai double


c. Boolean Dan Char



  1. boolean : Dalam Java dikenal tipe data boolean yang terdiri dari dua nilai saja, yaitu true dan false. Boolean sangat penting dalam mengevaluasi suatu kondisi, dan sering digunakan untuk menentukan alur program.
  2. char : Char adalah karakter tunggal yang didefinisikan dengan diawali dan diakhiri dengan tanda ‘ ( petik tunggal ). Char berbeda dengan String, karena String bukan merupakan tipe data primitif, tetapi sudah merupakan sebuah objek.
3. Buatlah contoh program sederhana menggunakan bahasa pemrograman Java !
import javax.swing.JOptionPane;
class okta{
public static void main(String args[])
{
String pilih;
String data, data1;
int pil;
int g, u, luas;
pilih =JOptionPane.showInputDialog("---Menu---\n\n 1.persegi panjang \n 2.persegi \n 3.segitiga \n 4.lingkaran \n\n pilihan anda [1-4] : ");

pil = Integer.parseInt(pilih);
switch(pil) {
case 1 : 
data = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan nilai panjang = ");
g = Integer.parseInt(data);
data1 = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan nilai lebar= ");
u = Integer.parseInt(data1);
luas = g * u;
System.out.println("Luasnya adalah " + luas); break;
case 2 : 
data = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan nilai sisinya = ");
g = Integer.parseInt(data);
luas = g * g;
System.out.println("Luasnya adalah " + luas); break;
case 3 :
data = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan nilai alas = ");
g = Integer.parseInt(data);
data1 = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan nilai tinggi = ");
u = Integer.parseInt(data1);
luas = (g * u) / 2;
System.out.println("Luasnya adalah " + luas); break; 
case 4 :
data = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan nilai jari-jarinya = ");
g = Integer.parseInt(data);
luas = 22/7*(g * g);
System.out.println("Luasnya adalah " + luas); break;
default : System.out.print("\n\n Anda salah input ");
}
}
}