Minggu, 27 Maret 2011

Business Strategy

Pemasaran bisnis melalui internet merupakan salah satu cara untuk memperluas jangkauan pasar sebab melalui ‘internet marketing’, informasi produk dapat menjangkau konsumen yang ada di daerah manapun tanpa harus terjun langsung ke daerah tersebut. 


Berikut adalah beberapa strategi pemsaran bisnis melalui internet marketing : 




  • Website Marketing

Belakangan ini banyak usaha offline yang sengaja membuat website untuk memasarkan produknya secara online. Website menjadi tempat untuk memberikan informasi mengenai produk kepada calon pembeli, sehingga dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan produk tanpa harus datang langsung ke tempat usahanya. Website menjadi sarana bagi konsumen yang ingin melakukan pemesanan produk, serta mempermudah pemasaran produk dengan melayani pembayaran secara online atau transver via bank. Selanjutnya barang akan dikirimkan melalui jasa pengiriman barang seperti Pos, Tiki atau JNE.

  • Email Marketing

Promosi bisnis melalui internet dapat dilakukan melalui email marketing. Pemberitahuan mengenai informasi produk serta memberikan penawaran kepada calon konsumen, dapat dilakukan secara masal maupun personal  melalui email marketing. Kegiatan promosi produk menjadi semakin mudah dan murah. Email marketing juga menjadi sarana komunikasi antara pelaku usaha dengan calon konsumen.  Konsumen yang tertarik dengan suatu produk, biasanya akan menanyakan informasi produk tersebut melalui telepon maupun email. Keberadaan email marketing, mendukung kegiatan pemasaran baik secara online maupun secara offline.


Pemasaran melalui internet marketing masih memberikan beberapa manfaat  lain yang menguntungkan pelaku usaha, yang antara lain sebagai berikut :
  • Pemasaran melalui internet tidak terbatasi oleh waktu. Layanan ini bisa diakses selama 24 jam  7 hari seminggu. Internet memiliki sistem otomatisasi yang dapat memberikan respon cepat apabila ada pesanan maupun permintaan dari calon konsumen. Kebutuhan mereka dapat dilayani kapan saja dan dimana saja selama ada jaringan internet.
  • Menjangkau pasar lebih luas. Melalui internet, informasi produk dapat menjangkau ke seluruh daerah di Nusantara, bahkan pasar luar negeri.
  • Meningkatkan citra perusahaan di mata konsumen, sehingga memberikan nilai lebih bagi bisnis untuk menghadapi persaingan bisnis yang ketat.
  • Mengurangi biaya pemasaran karena pasar lebih tertarget dan tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk membuat brosur, spanduk, banner, neon box.
  • Memudahkan pelaku usaha dan konsumen menjalin hubungan dengan dimungkinkannya komunikasi interaktif melalui email, kotak saran, comment, serta forum diskusi.





Jadi strategi bisnis sekarang ini telah modern, sudah menggunakan website juga, dan website yang digunakan untuk kepentingan bisnis ini akan di desain semenarik mungkin agar dapat menarik pengunjung website tersebut. Strategi ini telah di populer dikarenakan terkesan lebih simple dan tidak memerlukan banyak waktu yang terbuang..


Yang lebih sering lagi, orang-orang berbisnis dengan menggunakan situs jejaring sosial yang memiliki banyak peminat/anggota dari situ jejaring sosial tersebut. Misalkan; banyak orang yang menggunakan Facebook untuk berbisnis jual - beli barang, walaupun tingkat keamananya sangat minim sekali tetap saja banyak peminatnya. Itulah strategi-strategi bisnis menggunakan media web melalui internet.






Selengkapnya dapat dibaca di http://bisnisukm.com/strategi-pemasaran-bisnis-melalui-internet-marketing.html , semoga bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar