Senin, 11 April 2011

Pemrograman Berbasis Obyek 4

1. Apa yang kalian ketahui tentang pemrograman GUI pada Java ?



GUI adalah suatu teknik pemrograman yang memungkinkan user untuk berinteraksi dengan komputer secara lebih baik. Pengguna berinteraksi dengan berbagai elemen grafis, seperti button, dialog box, menu, dsb.


Dengan GUI seseorang akan lebih ...mudah untuk menggunakan aplikasi maupun membuat aplikasi. Hal tersebut dikarenakan pengguna secara langsung berinteraksi dengan aplikasi GUI tersebut. Aplikasi yang berbasiskan GUI menggunakan form-form sebagai media interaksi dengan pengguna. Berbeda dengan aplikasi non GUI yang menggunakan text sebagai media interaksinya.




2. Sebut dan jelaskan komponen" yang ada pada AWT dan swing pada Java !





a. Komponen pada AWT


1. Component


Kelas dasar untuk semua komponen yang mendukung system window. Kelas ini memiliki metode yang berfungsi untuk memproses kejadian dari pemakai, misalnya ketika pemakai menekan suatu tombol (button).


2. Container


Kelas yang berfungsi sebagai wadah bagi sejumlah komponen yang dikelompokkan. Komponen ini terlihat secara fisik. Metode yang sering dilibatkan adalah add(). Metode ini dapat digunakan untuk meletakkan komponen yang akan diletakkan pada wadah ini ataupun untuk menentukan posisi Container relative terhadap jendela.


3. Panel


Merupakan subkelas dari Container. Digunakan sebagai wadah untuk sejumlah komponen yang saling terkait. Panel merupakan ruang kecil yang biasanya berada dalam sebuah objek Frame.


4. Window


Merupakan jendela kosong yang tidak memiliki tepi ataupun batang menu (menu bar). Dapat digunakan untuk mewujudkan menu pop-up. Biasanya kelas ini jarang digunakan, mengingat dua sub kelasnya (yaitu Frame dan Dialog) lebih bermanfaat.


5. Frame


Merupakan subkelas dari Window. Memungkinkan untuk membuat jendela yang dilengkapi dengan judul.


6. Dialog


Merupakan kelas untuk membuat jendela yang bersifat pop-up yang memungkinkan pemakai mengetikkan text. Yang lebih menarik, terdapat sub kelas FileDialog yang dapat menampilkan daftar file yang dapat dipilih oleh pemakai. Kelas Dialog memungkinkan untuk membuat jendela yang bersifat modal ataupun modeless.


7. Applet


Merupakan subkelas dari Panel. Bermanfaat untuk menangani aplikasi yang berjalan pada Web Browser.


b. Komponen pada Swing


1. Container tingkat atas (top-level) berfungsi untuk menyediakan ruang bagi komponen komponen lainnya.   Container jenis ini terdiri dari JFrame, JWindow, JDialog, dan JApplet.


2. Container menengah adalah komponen (non top-level) yang keberadaannya untuk menampung komponen lainnya, misalnya panel, tabbed, dan tool bar.


3. Komponen atomic berfungsi untuk menampilkan dan/atau menerima informasi. Contoh komponen atomic adalah text field, button, dan label.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar